Home » » Tentang GeuMa

Tentang GeuMa

 Pada dasarnya Kabupaten Pidie memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan usaha pariwisata. Pidie memiliki keberagaman potensi wisata hal ini terbukti dengan letak geografis kabupaten Pidie yaitu memiliki dataran rendah dengan objek pantainya sampai ke dataran tinggi dengan perbukitan dan sungai yang berjeram. Semua potensi wisata yang ada di Kabupaten Pidie memiliki daya tarik tersendiri.

Geumpang dan Mane adalah dua kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie. Kecamatan Geumpang dan Mane merupakan kecamatan yang terletak di dataran tinggi sehingga terdapat banyak perbukitan, aliran-aliran sungai dan pastinya memiliki hawa yang sejuk. Kecamatan yang sering di sebut  “Puncak” (salah satu kota di Bogor) nya Pidie memiliki jarak akses 35 KM – 80 KM dari pusat kabupaten Pidie dengan estimasi waktu tempuh 1.5 jam sampai dengan 2 jam. Mayoritas pendapatan ekonomi masyarakat Geumpang dan Mane bersumber dari hasil pertanian, perkebunan dan pertambangan. Bahkan pertambangan yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat Geumpang sudah sangat kritis dan berdampak buruk bagi lingkungan.
 

Geumpang merupakan kecamatan yang terletak di penghujung kabupaten Pidie yang berbatas langsung dengan Kabupaten Aceh Barat, sedangkan Mane merupakan pemekaran dari kecamatan Geumpang yang notaben keadaan alamnya tidak jauh berbeda. Kedua kecamatan tersebut memilik potensi wisata yang sangat luar biasa dengan berbagai side wisata, mulai dari sungai yang bisa digunakan sebagai media arung jeram, perbukitan bahkan gunung yang bisa digunakan sebagai kegiatan wisata hiking dan jelajah, situs-situs peningggalan masa Penjajahan Belanda dan Konflik Aceh yang nantinya bisa dikembangkan menjadi wisata sejarah atupun wisata gerilia, beberapa air terjun, danau dan masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang masih bisa dikunjungi. Keseluruhan side wisata tersebut nantinya akan dikemas dan dikembangkan secara swakelola oleh masyarakat Geumpang-Mane dengan dipandu dan dibimbing oleh Kelompok Sadar Wisata GeuMa – Pidie sehingga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat tersebut.

Kelompok Sadar Wisata atau disingkat dengan Pokdarwis merupakan merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya. Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata.

GeuMa-Pidie merupakan salah satu kelompok sadar wisata yang didirikan oleh sekelompok alumni Mahasiswa di Pidie yang memiliki jiwa berpetualang, peduli terhadap lingkungan dan tatanan kehidupan sosial masyarakat. Dari memiliki kebiasaan tersebutlah sekelompok alumni tersebut memiliki ide dan inisiatif agar lokasi yang memiliki potensi-potensi wisata tersebut dikelola dengan tepat sehingga bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Kelompok Sadar Wisata GeuMa-Pidie terdiri dari beberapa alumni Mahasiswa yang memiliki beranekaragam displin ilmu, mulai dari Bahasa Inggris, Pertanian, Administrasi, Tehnik dan hukum. Keseluruhan alumni tersebut dulunya juga mahasiswa yang aktif diberbagai organisasi internal kampus, seperti Mapala, Pramuka, Pers, BEM dan Seni. Hal ini tentunya sangat mendukung untuk mengembangkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) GeuMa-Pidie nantinya. Bahkan sebelum kelompok sadar wisata ini terbentuk, kami jauh-jauh hari telah melakukan banyak aktivitas wisata di dua kecamatan tersebut, seperti arung jeram, tracking gajah di CRU Mane, memancing di danau tam tam Geumpang bahkan melakukan hiking ke puncak tertinggi di kabupaten Pidie yaitu Gunung Apui Peut Sagoe.

Contact Person : 085360074745 (Rahmad), 085260147879 (Wadhan)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.