Home » » Arung Jeram (Rafting)

Arung Jeram (Rafting)

ARUNG JERAM atau Rafting adalah sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan, adventure, edukasi, olah raga serta rekreasi dengan mengarungi sungai yang berjeram dengan menggunakan media boat karet, kayak, dayung serta kano.

Istilah Arung Jeram berasal dari kata whitewater rafting yang berarti mengarungi sungai menggunakan perahu mengandalkan kemampuan mendayung.

Arung Jeram atau Rafting sebagai olah raga berkelompok, sangat mengandalkan kekompakkan keseluruhan team. Kerja sama yang terpadu serta pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang berhasil meleawati berbagai hambatan di sungai. Arung jeram adalah olah raga yang penuh resiko, namum demikian setiap orang mampu melakukannya asalkan ia dalam kondisi bai, baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan dapat membaca medan secara kognitif, sehat fisik dan mental.

Arung jeram di Indonesia telah dikenal sejak tahun 1970-an melalui kegiatan kepenctian alaman, namun secara komersil baru dimulai pada awal tahun 80-an di Sungai Alas Aceh Tenggara. Pada perkembangan selanjutnya, wisata arung jeram berkembang pesat di daerah Bali, kemudian disusul Jawa Barat hingga akhirnya menyebar ke daerah - daerah lain di Indonesia seperti di Sungai Geumpang - Mane, Pidie, Aceh.

Arung Jeram ini akan terasa sangat menarik jika kita berteriak sekencang - kencangnya saat melewati jeram dan arus serta bebatuan, Kita kita perlu takut tenggelam jika tidak bisa berenang, karena team akan selalu siap siaga untuk menjaga dan menyelamatkan kita jika terjadi sesuatu hal. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.